Nokia Segera Umumkan CEO Baru, Siapa Dia?

KOMPAS.com - Unit bisnis ponsel Nokia sedang dalam pencarian CEO baru setelah perusahaan tersebut dibeli oleh Microsoft. Menurut surat kabar Helsingin Sanomat asal Finlandia, orang yang paling potensial menduduki jabatan CEO Nokia itu adalah Rajeev Suri.

Suri dikabarkan segera menjabat sebagai CEO Nokia setelah Microsoft menyelesaikan proses akuisisi. Menurut rencana, proses akuisisi akan rampung pada akhir Maret 2014.

Suri sebelumnya adalah CEO unit bisnis jaringan dan infrastruktur jaringan dan layanan telekomunikasi Nokia Solutions and Networks (NSN).

Ia bekerja untuk kelompok bisnis Nokia sejak 1995 dan telah menjalani lebih dari 23 tahun pengalaman internasional.

Di NSN, Suri punya rekam jejak dan prestasi yang baik. Ia berhasil membuat NSN menjadi perusahaan yang menguntungkan dalam bisnis infrastruktur jaringan dan layanan telekomunikasi.

Jika benar Suri akan menjabat sebagai CEO Nokia, maka ia menggantikan peran Stephen Elop yang harus melepas jabatan sebagai Presiden dan CEO Nokia serta mengundurkan diri juga dari kursi dewan direksi Nokia.

Elop selanjutnya akan pindah ke Microsoft untuk menjadi kepala unit usaha perangkat.

Sementara waktu ini, ketua dewan direksi Nokia Risto Siilasmaa mengambil alih jabatan CEO sementara Nokia.

Microsoft membeli unit bisnis ponsel dan layanan Nokia sebesar 5 miliar dollar AS serta 2,2 miliar dollar AS untuk lisensi patennya. Jika ditotal, maka Microsoft harus merogoh kocek 7,2 miliar dollar AS.

Sekitar 32.000 karyawan Nokia rencananya akan ditransfer ke Microsoft. Sebanyak 18.300 karyawan di antaranya terlibat langsung dalam pembuatan produk perangkat dan layanan Nokia.

Kini, kelompok bisnis Nokia harus berjuang dari tiga unit bisnis yang tersisa. Ketiga unit bisnis itu adalah layanan peta digital dan lokasi (Nokia Here), pengembangan teknologi (Advanced Technologies), serta infrastruktur jaringan dan layanan telekomunikasi (Nokia Solutions and Networks/NSN).

Related Posts:

0 Response to "Nokia Segera Umumkan CEO Baru, Siapa Dia?"

Post a Comment