Kapan Ponsel Android 64-bit Hadir di Pasar?

KOMPAS.com - Semenjak Apple memperkenalkan prosesor 64-bit di dalam iPhone 5S, para produsen chip mobile lainnya berlomba membuat produk serupa. Qualcomm, NVIDIA, Mediatek, dan Marvel telah mengumumkan model chip 64-bit, namun ponsel atau tablet Android dengan teknologi itu tak kunjung hadir di pasar.

ARM Holdings selaku perancang chip yang hasil desainnya dipakai di sebagian prosesormobile -termasuk bikinan Apple- pun mengaku terkejut dengan perubahan mendadak menuju 64-bit.

Tadinya, perusahaan itu mengira teknologi 64-bit akan lebih dulu dipakai di lingkungan server, bukan gadget macam iPhone dan iPad.

Wakil Presiden Eksekutif Bidang Strategi di ARM Holdings, Tom Lantzsch mengatakan, saat ini permintaan atas chip mobile 64-bit mulai meningkat setelah Apple membawa teknologi prosesor 64-bit di iPhone 5s dan iPad Mini Retina Display.

"Kami melihat peningkatan besar di angka permintaan untuk produk mobile 64-bit. Ini terjadi pada (Cortex) A53 yang merupakan prosesor mobile 64-bit berkinerja tinggi," kata Lantzsch dalam wawancara dengan CNet.

Pernyataan senada pernah diutarakan minggu lalu oleh seorang eksekutif pabrikan chipTaiwan Semiconductor Manufacturing Co. (TSMC) yang mengatakan bahwa konversi ke 64-bit telah bertambah tinggi selama 6 bulan terakhir akibat kemunculan chip Apple A7 pada iPhone 5s.

Lantzsch memperkirakan bahwa perangkat-perangkat 64 bit dari Android akan mulai diperkenalkan menjelang akhir tahun 2014. "Kami yakin sudah akan ada ponsel 64-bit pada Natal nanti," katanya, mengacu pada ponsel dan tablet dengan prosesor 64-bit

Dia tak berkomentar soal kapan sistem operasi Android bisa mulai menyertakan dukungan 64-bit. Namun, bahkan dengan software 32-bit sekalipun, prosesor 64-bit rancangan ARM dikatakannya sudah lebih baik dibandingkan generasi terdahulu.

"Atrsitekturnya sendiri memungkinkan kode yang lebih efisien. Ini berarti daya tahan baterai lebih lama, respon lebih cepat, dan fitur lebih baik," imbuh Lantzsch. Nantinya, begitu Google merilis sistem operasi 64-bit, kemampuan prosesor-prosesor tersebut akan bisa dimaksimalkan.
Sumber: CNET
Editor: Aditya Panji

Related Posts:

0 Response to "Kapan Ponsel Android 64-bit Hadir di Pasar?"

Post a Comment