Facebook "Makan" Baterai iPhone? Ini Solusinya

KOMPAS.com - Baterai iPhone cepat habis? Pasang aplikasi Facebook untuk iOS? Boleh jadi, aplikasi jejaring sosial itulah biang keroknya.

Hal tersebut diungkapkan oleh seorang mantan pegawai Genius Bar Apple bernama Scott Loveless. Dalam posting blog yang dikutip oleh Forbes, Loveless menuturkan bahwa aplikasi Facebook kerap kali menyedot daya meskipun sedang tidak dipakai.

Penelusuran dengan tool developer Xcode yang bisa memantau program-program akif dan konsumsi sumber daya pada iPhone menyimpulkan aplikasi Facebook seringkali secara tiba-tiba memakai resource dalam jumlah besar. 

Pemakaian sumberdaya yang mendadak naik secara berulang-ulang itu tentu menyita tenaga prosesor, yang pada akhirnya memboroskan baterai.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Ternyata cukup dengan dua langkah sederhana, yaitu mematikan Location Services dan Background App Refresh untuk Facebook yang bisa diakses dari menu Settings. Masing- masing terletak di sub menu Privacy dan General.

"Yang terjadi berikutnya cukup luar biasa. Presentase sisa baterai pada ponsel saya naik dari 12 persen menjadi 17 persen," tulis Loveless.

Untuk memastikan lebih lanjut, Loveless mencoba langkah serupa pada sejumlah iPhone lain. Ternyata hasilnya sama.

Ini bukan kali pertama aplikasi Facebook dituding menjadi biang keladi pemborosan baterai pada iPhone. Tahun lalu, developer iOS asal Jerman, Sebastian Duvel, juga pernah menyebutkan bahwa aplikasi Facebook berkali-kali aktif di latar belakang.

Di platform Android, aplikasi Facebook juga telah ketahuan memboroskan baterai. Mematikan layanan Lokasi dan Chat Head di aplikasi utama Facebook dan Facebook Messenger, misalnya, terbukti bisa menaikkan daya tahan perangkat berbasis OS tersebut.

Related Posts:

0 Response to "Facebook "Makan" Baterai iPhone? Ini Solusinya"

Post a Comment